Jumat, 11 Agustus 2017

Pemrograman PHP #part2


hai... apa kabar? semoga sehat-sehat aja yaa :D

kali ini saya akan membahas array dan fungsi. jangan fikir kita akan ngomongin si array sama si fungsi ya,ngomongin orang kaga baik. Langsung aja kita bahas dengan singkat apa sih array dan fungsi itu ?

 Array adalah Tipe Data terstruktur yang berguna untuk menyimpan data yang bertipe sama. Bagian yang menyusun array disebut elemen array, yang masing masing elemen dapat diakses sendiri melalu index array. index array dapat berupa bilangan integer atau string.

Jadi intinya adalah array merupakan tipe data terstrktur dan berguna untuk menyimpan sejumlah data.

Fungsi adalah
 kode program yang dirancang untuk menyelesaikan sebuah tugas tertentu, dan merupakan bagian dari program utama. Kita dapat membuat fungsi sendiri, atau menggunakan fungsi yang dibuat oleh programmer lain.

Oke kita langsung praktikan ya Array dan fungsi nya
adalah contoh array dan pemanggilan fungsi array bawan php ,jadi di array itu ada yang namanya index.
setiap pendefinisian array (pada line 2),(mangga,rambutan,jeruk,apel),masing –masing mempunyai index di array  di mulai dari 0.jadi mangga adalah index 0,rambutan index 1,jeruk index 2,apel index 3,nah di line 3 saya mencetak echo $arrbuah[0]maksudnya adalah saya mencetak sebuah array yang bernama  arrbuah pda index 0,nanti ketika di run dia akan mencetak mangga.

Selanjutnya di line 8, saya akan mencoba memanggil fungsi Array(),lalu membuat pendefinisian nya lagi sampe line 11,sebenarnya konsep sama tetapi ini lebih simpel dan mudah,lalu pada line 13 saya mencetak lagi dengan $arrhewan[0],output nya akan mencetak spongebob karena spongebob berada di index 0

Selanjutnya saya akan membuat fungsi array sederhana yang lebih detail
nahh gambar di atas adalah contoh pembuatan fungsi sederhana yg lebih detail,untuk pengertian per baris nya , sobat bisa baca pada komentar nya yaa hehehe.

okee sekian dulu pembahasan fungsi dan array dari saya,Saya hanya bisa menjelaskan sedikit saja hehehe,
Terima kasih sudah ingin membaca 

Semoga bermanfaat.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar