Minggu, 30 Juli 2017

membuat game sederhana scratch 2

hai!!! selamat datang dan selamat membaca. Disini saya akan menjelaskan cara membuat game "Penyihir menembak hantu" menggunakan aplikasi scratch.

simak baik-baik !!!

1.Buka aplikasi scratch, lalu klik gambar yang berbentuk bumi di sebelah tulisan scratch dan pilih bahasa indonesia.

2.Pilih latar perkotaan pada malam hari dan pilih karakter penyihir dengan cara klik objek yang berada tepat disamping tulisan "sprite baru".
3.ketik skrip pada sprite 1 seperti gambar di bawah ini
4.pilih sprite baru berbentuk bola kuning dengan cara yang sama seperti memilih penyihir lalu kecilkan ukuran bola. jika sudah ketik skrip seperti contoh dibawah yang berfungsi untuk memberi efek menembak, dan bila mengenai hantu maka hantu itu akan mati.
5.pilih sprite baru berbentuk hantu yang sedang marah dengan cara yang sama seperti memilih penyihir. jika sudah. ketik skrip yang di dalam kotak nomor 1 saja

6.skrip di kotak nomor 2 untuk skor yang di dapat dengan cara menembak hantu yang berdatangan.

7.skrip di kotak nomor 3 untuk merubah ekspresi  si hantu tidak di gunakan juga tidak apa-apa.

8.skrip di kotak nomor 4 berfungsi apabila penyihir mengenai hantu maka permainan akan berakhir dan skor dimulai dari awal.

cukup sekian cara membuat game sederhana menggunakan scratch 2 :D

Terima kasih



2 komentar:

  1. Maaf bagian no 5 ada beberapa skrip. Itu dari mana ya kita buatnya jadi ada 4 bagian. Soalnya dari tahap yg memilih hantu langsung dikatakan memilih skrip no 1. Please kasih tau caranya seperti apa setelah memilih hantu.

    BalasHapus
  2. Tutorial macam apa ini? Di gambar balok2 nya buram... apakah bisa membuat tutorial baru dan maximize tempat balok nya? x_x

    BalasHapus